Selasa, 02 Oktober 2012

TUGAS 1 (Analisa sosiologi 151)

1. carilah bahan sebanyak mungkin tentang kelompok mayoritas dan minoritas! Apakah kedua kelompok itu juga termasuk kelompok sosial? Bagaimana hubungan antara keduanya?jawab :
  • Mayoritas ialah jumlah orang terbanyak yg memperlihatkan ciri tertentu menurut suatu patokan dibandingkan
  • Minoritas ialah kelompok sosial yang tak menyusun mayoritas populasi total dari voting dominan secara politis dari suatu kelompok masyarakat tertentu

Konsep mayoritasdidasa rkan oleh dominasi kekuasaan, bukan dominasi oleh jumlah anggota. Kelompok mayoritas bisa saja berjumlah lebih kecil daripada minoritas. Sebagai contoh adalah saat politik apartheid dicanangkan di Afrika Selatan, jumlah orang berkulit putih lebih sedikit daripada jumlah orang berkulit hitam. Akan tetapi kelompok kulit putih memiliki kuasa terhadap kelompok kulit hitam. Selain itu, hubungan antarkelompok yang didasarkan konsep mayoritas dan minoritas dipengaruhi juga oleh konsep kebudayaan mayoritas dominan (dominant majority culture) yang diangkat oleh Edward M. Bruner. Sebagai contoh adalah di kota Medan terdiri atas sejumlah kelompok minoritas tanpa adanya suatu kebudayaan yang dominan sehingga berkembang persaingan yang ketat antara setiap etnik, dan hubungan antar etnik terjadi ketegangan.


Hubungan antara keduanya adalah saling bertolak belakang karena mayoritas lebih menguasai dan kelompok minoritas cenderung sedikit.contohnya adalah dalam suatu kelas mayoritas menyukai musik rock dan yang lainnya atau minoritas menyukai musik dangdut.

2. Amatilah masyarakat anda,bagaimana pola hubungan antarkelompok sosialnya? buatlah analisisnya dalam bentuk tulisan! anda bisa mengirimkan tulisan anda ke majalah sekolah atau ke surat kabar

setelah diamati, menurut saya masyarakat di lingkungan sekitar sekitar rumah saya, mempunyai pola hubungan masyarakat in-group karena masyarakat lingkungan sekitar memiliki perbedaan yang berbeda dengan masyarakat di luar daerahnya. dan cenderung saling melindungi antar setiap anggota kelompok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar